Tiga Parpol Ditawari Kemenangan Dari Penyelenggara Pemilu - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Tiga Parpol Ditawari Kemenangan Dari Penyelenggara Pemilu

Tuesday, April 8, 2014

Ketua DKPP, Jimly Asshidiqie
Jakarta - H-1 Pemilu Legilatif 9 April, independensi penyelenggara Pemilu dipertanyakan. Penyelenggara Pemilu yang harusnya bersikap netral, malah menawarkan kemenangan kepada 3 Parpol.  
Ketua DKPP,  Prof Jimly Asshiddiqie Mendapat laporan dari 3 Partai Politik. Parpol  ini mendapat informasi  soal tawaran pemenangan dari para calegnya.
Jimly mengatakan, penyelenggara yang dilaporkan ada dari tingkat PPK dan tingkat kabupaten.  
"Penyelenggara yang menawarkan ada dari tingkat PPK, ada juga dari tingkat kabupaten. Salah satu anggotanya. Jadi ada tiga parpol yang menelpon. Saya pikir ini serius. Mereka menawarkan mau menang apa kalah," ujar Jimly di Bawaslu, Jakarta, Senin (7/4/2014).
 Jimly menambahkan, DKPP sudah meminta para parpol atau caleg yang mendapatkan tawaran kemenangan ini agar melapor.
Jimli menegaskan untuk tak segan-segan melaporkan penyelenggara pemilu yang melanggar aturan. Jimly juga menghimbau para penyelenggara Pemilu untuk menaati rule of the games, baik rule of law maupun rule of ethics.
“Jika ada penyelenggara Pemilu yang melanggar aturan main, silahkan laporkan sepanjang ada buktinya,” Ujar Jimly.
"Untuk menjaga pemilu betul-betul berintegrias, kami berpendapat, bersikap sambil mengambil langkah-langkah, mengingatkan semua jajaran penyelenggara pemilu maupun Bawaslu menjaga rule of the game dan rule of law sesuai kode etik yang sudah dibangun," tegas Jimly.
Sementara itu, ketua KPU Husni Kamil Malik, menghimbau kepada para jajarannya untuk tidak melanggar aturan yang berlaku. Husni menegaskan, tak ada perlindungan bagi  jajaran penyelenggara Pemilu yang melanggar aturan.


Sumber Foto : Lampost.co