Pelantikan DPP IMM Tegaskan Netralitas Gerakan - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Pelantikan DPP IMM Tegaskan Netralitas Gerakan

Wednesday, July 2, 2014

Jakarta- Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) periode 2014-2016 resmi dilantik di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat, Senin kemarin (30/06/14).

Bertemakan "Setengah abad IMM menegaskan khittoh perjuangan untuk Indonesia Bermartabat", acara ini juga dirangkaiakan dengan dengan Dialog Kebangsaan serta dihadiri ratusan kader IMM, aktivis gerakan mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus, pimpinan pusat Muhammadiyah, forum alumni  serta beberapa pejabat negara. 

Surat keputusan dibacakan oleh Abdul Rahman selaku Sekretaris Jenderal DPP IMM, yang diikuti pembacaan sumpah pelantikan dipimpin oleh Abdul Mu'thi, Sekretaris PP Muhammadiyah. Lalu dilanjutkan dengan serah terima jabatan secara simbolis dari DPP IMM periode 2012-2014.

Dalam sambutannya ketua umum baru Beni Pramula mengutarakan  IMM di bawah kepemimpinannya secara nasional akan terus berupaya mewujudkan Deklarasi Kota Barat atau Enam Penegasan IMM yang direfleksikan di forum Muktamar pada Mei lalu di Kota Solo Jawa Tengah. 

Enam penegasan tersebut di antaranya, pertama, IMM adalah lembaga pengaderan Muhammadiyah berasas Islam. Kedua, kepribadian Muhammadiyah merupakan landasan perjuangan IMM. 

Ketiga, IMM adalah eksponen mahasiswa dalam Muhammadiyah. Kemudian keempat, IMM adalah organisasi mahasiswa yang sah dengan mengindahkan hukum, undang-undang, peraturan serta falsafah negara. 

Kelima, ilmu adalah amaliah dan amal adalah ilmiah. Dan keenam, IMM adalah "lillahi ta'ala" dan senantiasa diabdikan untuk kepentingan rakyat.

Selain itu Beni juga menambahkan bahwa IMM diperiode ini juga akan tetap menunjukkan netralitas serta menjaga indenpendensinya. "Saya juga mengajak IMM secara Nasional beserta aktivis gerakan lain untuk senantiasa berkontribusi bagi umat dan bangsa" tutupnya.

Selanjutnya atas nama PP Muhammadiyah, Abdul Mukti mengatakan regenerasi kepemudaan harus terus berlangsung, terutama di kalangan Muhammadiyah. "Pelantikan ini menunjukkan estafet pergerakan organisasi kepemudaan terus berlangsung dan beregenerasi," katanya.

Sekadar diketahui  pelantikan ini juga lansung dilanjutkan dengan rapat kerja pimpinan dalam merumuskan agenda kebangsaan IMM ke depan. Raker dilaksanakan di Ancol dari tanggal 01-02 Juli 2014. (*/KR).