Merasa Seperti Habis Manis Sepah Dibuang! - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Merasa Seperti Habis Manis Sepah Dibuang!

Tuesday, September 16, 2014
Insan Olahraga Deklarasi Komnas-API, Sebagai Wadah Perjuangan

Guna menjamin masa depan insan olahraga, sejumlah atlet dan pelatih yang tergabung di dalam Komisi Nasional Atlet dan Pelatih Indonesia (Komnas-API) mengadakan deklarasi dan rembuk nasional di Gedung Joang, Menteng Jakarta Pusat, (9/9/2014)

Wadah berkumpul yang resmi berdiri tepat pada hari olahraga nasional itu tergerak untuk menjawab kekhawatiran para atlet dan mantan atlet yang selama ini kurang mendapat penghargaan dari pemerintah.

Padahal, kata Suryadi Gunawan, presiden Komnas-API, atlet adalah pejuang negara yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tanpa perlu mengangkat senjata.

"Merekalah yang membuat bendera merah putih berkibar di berbagai belahan dunia. Jangan sampai mereka-mereka yang telah berprestasi itu seperti habis manis sepah dibuang," katanya.

Untuk langkah awal, sebagai program jangka pendek, lanjut bekas atlet gulat nasional ini, Komnas-API akan menginventarisir data seluruh atlet dan mantan atlet di Indonesia.

Sejurus kemudian, mereka akan menyusun program bantuan purna bakti bagi pelatih dan atlet serta pembinaan bagi atlet yang telah dan akan pensiun. Bahkan jika memungkinkan seluruh atlet berprestasi selayaknya diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

"Dulu ketika saya di Kaltim (Kalimantan Timur) ada kuota PNS sebanyak 80 orang untuk para atlet, tapi sayangnya sekarang tidak ada lagi," tandasnya.