Oneng Jadi Menpora? - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Oneng Jadi Menpora?

Tuesday, September 16, 2014

Kehadiran politisi PDI-Perjuangan Rieke Diah Pitaloka dalam acara deklarasi Komnas-API (Komisi Nasional Atlet dan Pelatih Indonesia) menimbulkan tanda tanya.

 Pasalnya, saat ini presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla tengah menggodok calon menteri. Selain itu, seperti diketahui, Oneng adalah 'orang dalam' di partai presiden terpilih (PDI-Perjuangan). Apakah anggota DPR-RI yang terpilih kembali ke Senayan itu akan dijagokan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)?

"Organisasi ini tidak ada hubungannya supaya bisa masuk kabinet atau tidak. Komnas API ini murni cita-cita teman-teman untuk menjadi pelopor dalam memperjuangkan kesejahteraan para atlet. Saya juga berpesan agar organisasi ini tidak dijadikan lembaga proposal, untuk mencari keuntungan pribadi," elaknya.

"Selain itu yang terpenting juga kita ingin memberantas mafia olahraga. Karena di Indonesia ternyata tidak hanya ada mafia Migas atau mafia TKI, tapi juga mafia olahraga," lanjut politisi yang akrab disapa Oneng itu.

Namun demikian dalam organisasi yang diinisiasi mantan pegulat nasional kaya medali, Suryadi Gunawan ini, Oneng menduduki jabatan strategis yakni dewan pembina. Selain itu namanya juga kerap muncul dalam sejumlah survei publik calon menteri. Sebelumnya, Ia santer dikabarkan akan menduduki jabatan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans). Apakah jabatan Menpora akan jadi plan B?

Menurut, Suryadi Gunawan, Presiden Komnas-API, calon menteri olahraga yang dijagokan perkumpulannya adalah harus berlatar belakang Atlet. Hal itu penting, karena lanjutnya, agar pemangku jabatan kementerian tersebut nantinya lebih memahami olahraga dan kesejahteraan atlet. Bukan lagi dari background politisi, kontraktor atau bidang lain yang bukan ahlinya. Kita tunggu saja.