Menteri Baru Sudah Dilantik, Saham IHSG Lha Kenapa Kian Anjlok? - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Menteri Baru Sudah Dilantik, Saham IHSG Lha Kenapa Kian Anjlok?

Monday, October 27, 2014
Jakarta- Ekspektasi besar sejumlah kalangan terkait akan positifnya respon pasar pascadilantiknya Menteri baru bertajuk ‘Kabinet Kerja’ malah tidak terbukti. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok sejak pagi hingga perdagangan sesi kedua hari ini. Apa sebabnya?

Menurut John D Rahmat Head of Research Mandiri Sekuritas, sentimen negatif ini dipicu oleh kecewanya pelaku pasar terhadap komposisi sejumlah menteri yang diumumkan Presiden Joko Widodo. Sofyan Djalil misalkan, Menteri BUMN terbaik yang pernah dimiliki Indonesia yang diharap bisa kembali ke habitatnya itu malah mengisi pos Menteri Koordinator Perekonomian.

Sementara sosok Rini Soemarno yang menempati jabatan yang ditinggal Dahlan Iskan disambut kurang baik oleh pasar. “Banyak yang mengira kalau dia di BUMN itu akan menimbulkan kekhawatiran akan adanya transaksi dalam penetapan direksi BUMN untuk dana-dana partai," kata John seperti dilansir CNNIndonesia.

“Kalau saya pakai azaz praduga tak bersalah, melihat kemampuan Bu Rini di Astra mestinya dia bisa melakukan terobosan juga di Kementerian BUMN," sambungnya.


Pada penutupan perdagangan siang tadi, IHSG terpantau turun 32.95 poin atau minus 0,65 persen ke level 5.040,12. Hingga sesi dua, pergerakan IHSG belum menunjukkan adanya tanda-tanda kenaikan. Saham-saham BUMN seperti PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) turut memicu kejatuhan indeks hari ini.

foto: austi-fawzy.blogspot.com