Trans Musi Palembang Bermasalah, KPK Diminta ‘Turun Tangan’ - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Trans Musi Palembang Bermasalah, KPK Diminta ‘Turun Tangan’

Tuesday, October 14, 2014
Nampak Bus Trans Musi Hanya Terparkir di Terminal (Foto : KPPMR)

Palembang – Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah Kota Palembang oleh PT. Sarana Pembangunan Palembang Jaya  SP2J sub Trans Musi, mendapat kritikan masyarakat. BUMD yang bergerak pada sektor jasa atau transportasi ini dinilai bermasalah.
Hal ini disampaikan oleh  KESATUAN PEMUDA PELAJAR MAHASISWA REFORMASI (KPPMR). Melalui siaran pers kepada ipublika.
Menurut Rully Fitriansyah, (Ketua) dan Putri Bintang Auliana (Sekretaris) KPPMR, Persoalan Trans Musi ini terkesan ditutup-tutupi oleh Pemerintah Kota Palembang. Persoalan yang terkesan lamban penanganannya hingga berimbas dengan terlambatnya pembayaran gaji hingga beberapa bulan dan terombang-ambingnya status karyawan.
Muncul pula kesan saling tuding kesalahan antara pemerintahan sekarang dengan pemerintahan sebelumnya. Persoalan-persoalan prinsip ini seharusnya sudah dikaji dan di antisipasi dengan langkah-langkah akurat sebelum mengambil kebijakan membuka unit usaha yang menggunakan dana masyarakat luas.
Hasil investigasi KPPMR di lapangan,  menemukan puluhan Bus Trans Musi di Terminal Alang-Alang Lebar terlantar. Tidak jelas apa bus-bus tersebut masih layak jalan atau dalam kondisi rusak. Belum lagi persoalan terlantarnya fasilitas infra struktur seperti halte (rusak dan tidak terawat) yang telah dibangun dengan dana fantastis yang di ambil dari APBD Kota Palembang, memberikan gambaran langsung pada masyarakat akan arti sebuah permainan menghambur-hamburkan uang rakyat untuk sebuah tujuan yang belum matang dan dipaksakan.
Halte Trans Musi Tak Terawat (Foto : KPPMR)
KPPMR mendesak kepada Kepolisian, Kejaksaan untuk secepatnya mengusut persoalan ini. Aparat Penegak hukum harus jeli, dengan menarik benang dari awal dibuatnya kebijakan hingga disahkan serta siapa aktor-aktor intelektual lain. KPK juga diminta turun tangan untuk mengurai benang kusut Trans Musi ini, karena Trans Musi menggunakan uang masyarakat, seharusnya manfaatnya terasa untuk masyarakat.