Antisipasi Musim Hujan, KOSTRAD Bersihin Kali Sepanjang 5 KM - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Antisipasi Musim Hujan, KOSTRAD Bersihin Kali Sepanjang 5 KM

Friday, November 14, 2014
Depok-- Guna mengantisipasi banjir, Divisi Infanteri 1 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD) mengerahkan 1000 prajurit untuk membersihkan saluran Sungai Kali Baru, Cilodong, Depok Jawa Barat kemarin. Sungai ini merupakan salah satu sungai utama yang mengalir dari Bogor hingga Jakarta.

Selain dari kalangan prajurit, acara yang bertajuk Karya Bhakti dalam rangka Hari Juang Kartika ke-69 Tahun 2014 ini juga melibatkan masyarakat, Pemkot, Polres serta Kodim Depok. Menurut Kolonel Inf Hariyanto, Kepala Penerangan Kostrad, kegiatan pembersihan sungai dipilih untuk menghadapi masuknya musim penghujan.

“Keadaan sungai itu sekarang banyak sampah dan terjadinya sendimentasi yang mengakibatkan pendangkalan sungai,” ujar Hariyanto.

“Upaya tersebut merupakan panggilan hati nurani prajurit, sesuai jati dirinya sebagai Tentara rakyat. Sebagai Tentara rakyat yang lahir dan berjuang bersama rakyat, maka sepatutnya prajurit Kostrad mengabdi kepada rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Sebelum bersih-bersih, acara diawali dengan apel gelar peserta karya bhakti di lapangan BDB. Kepala Staf  Divisi Infanteri 1 Kostrad Brigjen  TNI Agus Rohman bertindak sebagai Irup, dan Komandan Batalyon Perbekalan dan Angkutan 1 Kostrad Letkol Cba Suliadi sebagai Komandan upacara.

Meskipun menarget pembersihan sungai hingga 5 km, alat yang digunakan untuk membersihkan kali ini terbilang sederhana. Kostrad hanya menyediakan dua Skopholder, dua truk sampah dan alat perorangan berupa cangkul, sabit, dan karung.