Hati-Hati, Ini Dia 262 Perusahaan ‘Investasi Bodong’ - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

Hati-Hati, Ini Dia 262 Perusahaan ‘Investasi Bodong’

Monday, November 10, 2014
Sebanyak 262 perusahaan investasi yang diduga kuat tidak memenuhi persyaratan hukum dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ataupun lembaga pemerintah lainnya resmi dirilis ke publik.

Sebagian besar dari laporan yang masuk, menurut Direktur Pengembangan Kebijakan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Anto Prabowo berasal dari investasi yang ditawarkan melalui internet. "Setelah laporan itu masuk, kami juga mencermatinya. Ternyata, ada karakteristik yang diduga berlawanan hukum," ujarnya.

Selain itu karakteristik yang paling umum dari investasi bodong itu, kata Anto dicirikan seolah-olah produk investasinya bebas risiko. Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti informasi yang telah dihimpun dari masyarakat itu.

”Kalau melihat ada perusahaan innvestasi dengan karakteristik seperti yang saya sebut tadi. Seperti pakai tokoh agama, menjanjikan bonus barang mewah dan lain sebagainya. Masyarakat bisa menghubungi kami melalui email, surat atau call center melalui 1500655.

Terkait MMM (Mavrodi Mondia Moneybook), yang sebelumnya sempat menggemparkan publik akibat banyak masyarakat yang mengaku tertipu dan kehilangan uangnya, ternyata bukan hanya satu. "Banyak investasi dengan sistem yang sama namun hanya ganti nama. Contohnya, Sama Sama Sejahtera (SSS), Sistem Menuju Sejahtera Nusantara (SMSN) atau kegiatan sejenis lainnya," ujar , Direktur Penyidikan OJK, Luthfy Zain Fuady.