PENA: Hari Pahlawan Bukan Ajang Seremonial Saja ! - Kolumnis

Mobile Menu

Powered by Blogger.

MARITIM

More News

logoblog

PENA: Hari Pahlawan Bukan Ajang Seremonial Saja !

Monday, November 10, 2014
Jakarta. Sudah mentradisi, setiap hari-hari penting acapkali hanya jadi ajang seremonial belaka. Termasuk hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, hari ini.

Menurut Dewan Pimpinan Pusat Persaudaraan Pemuda Etnis Nusantara (DPP PENA) peringatan hari pahlawan bukan sebatas pelaksanaan upacara, tapi bagaimana hari tersebut mampu dimaknai secara lebih komprehensif. Yakni diantaranya dengan menjiwai karakter faounding fathers dalam memperjuangkan berdaulatnya sebuah bangsa.

Tentu bukan barang mudah untuk punya karakter sedemikian rupa, ditengah hingar-bingar globalisasi yang menuntun manusia bersikap hedonis dan individualis. Sehingga momentum hari ini setidaknya mampu mengembalikan jiwa kepahlawanan para pendahulu yaitu: keberanian untuk berkorban, semangat pantang menyerah, bekerja keras, tekun, dan tulus ikhlas dalam melayani rakyat, bangsa, dan negara.

"Kita harus terus berikhtiar untuk selalu mewarisi, menjiwai dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan yang demikian", ungkap Ketua Umum DPP PENA Ahmad Suhawi,M.Si.

Di kesempatan yang berbeda, Dinur Garista Wirawan yang juga Sekjend DPP PENA menyampaikan,"Hari pahlawan tidak lagi sekedar sebuah peringatan atau memoriable saja, hari pahlawan harus dimaknai sebagai upaya bagi generasi muda kita untuk menjadi pahlawan baik bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat, kita harus menjadi pahlawan hari ini dan hari esok, dan menjadi tauladan bagi generasi yang akan datang" ", ujarnya yang juga sebagai  Direktur Eksekutif Indonesia Student and Youth Forum.